DTM Lakukan Penimbangan Domba QPN di Dago

DTM Lakukan Penimbangan Domba QPN di Dago

Program Desa Ternak Mandiri (DTM), yang dikelola oleh Yayasan Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), terus melakukan persiapan dalam rangka Program QPN (Qurban Peduli Negeri) DT Peduli. Langkah demi langkah dilakukan DTM untuk memastikan persediaan domba mencukupi.  Rabu (7/8), Pengurus DTM melakukan penimbangan domba di DTM Wilayah Dago, Bandung.

Bambang Aji, Manager Program DTM menyampaikan, kegiatan penimbangan ini bertujuan agar peternak binaan, mitra peternak, dan Pengurus DTM mengetahui persediaan domba untuk QPN. Setelah melakukan penimbangan, berat rata-rata domba yang ada di pertenak mencapai berat 29kg sampai 30kg.

Alhamdulillah, hari ini kita melakukan penimbangan domba pesanan QPN sebanyak 170 domba. Beberapa domba yang diurus oleh Peternak DTM Dago rata-rata sudah layak untuk dipanen ketika Idul Qurban. Namun, tetap ada beberapa yang menjadi kendala dalam pengurusan, yang harus menjadi bahan evaluasi semuanya. Adanya evaluasi ini, diharapkan bisa menghasilkan domba yang lebik baik lagi,” tutur Aji.

Selain penimbangan domba untuk persediaan QPN, kegiatan yang dilaksanakan di DTM Dago di antaranya monitoring domba, evaluasi domba, seleksi domba, dan penitipan domba dari DTM Pangalengan ke DTM Dago. Kemudian, DTM Dago melakukan perawatan domba-domba yang dari DTM Pangalengan.

“Idul Qurban ke depannya, penimbangan domba-domba pesanan QPN akan dilakukan satu minggu sebelum hari H (lebaran qurban). Agar ada jarak untuk melakukan evalusi terhadap peternak yang akan mengurus domba. Karena berbeda jika peternak yang mengurus dengan sistem kerja, dan sistem peternak murni. Jika sistem peternak kerja, ia mengurus pada saat jam kerja saja. Berbeda dengan peternak murni, ia akan mengurus domba setiap waktu,” ungkap Aji. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.