Sikap Disiplin Jadi Karakter Santri RPY

Sikap Disiplin Jadi Karakter Santri RPY

Sudah menjadi karater para Santri Rumah Peduli Yatim (RPY), yang dikelola oleh Yayasan Pemberdayaan Umat Daarut Tauhiid (DT Berdaya),  dalam menerapkan sikap displin pada aktivitasnya sehari-hari. Baik di lingkungan asarama, maupun di luar asrama, seperti sekolah, padepokan pencak silat, dan lain-lain.  Hal tesebut dapat disaksikan pula dari cara mereka bertanggungjawab mengerjakan tugas sebagai santri dan siswa di sekolah.

Setiap malam, mereka tidak langsung istirahat atau bersantai. Tapi, mereka sibuk belajar. Ada yang mengerjakan tugas dari sekolah, membaca buku, bahkan ada pula santri yang setiap malamnya melakukan murajaah dan setoran  hafalan al-Quran.

Supervisor Rumah Peduli Yatim (RPY), Kamaludin Zaman mengatakan, aktivitas para santri setiap malam tersebut, bertujuan mendorong peningkatkan kualitas diri para santri. Membuat mereka bertambah wawasan, termotivasi untuk beramal saleh, dan menjadi anak yang bertakwa.

“Mereka melakukan ini semua karena sudah membiasakan diri untuk disiplin. Guru kita Aa Gym  sering menyampaikan, tiada prestasi tampa disiplin. Kata-kata itulah yang memotivasi para santri, sehingga sikap disiplin tersebut menjadi karakter,” katanya.

Kamal juga menyampaikan, memiliki sikap disiplin merupakan sesuatu yang mahal, karena sikap tersebut mulai langka. Bahkan katanya, satu banding sepuluh, orang yang memiliki sikap itu.  “Disiplin ini menjadi modal bagi para santri dalam menjalani kehidupan ketika dewasa kelak,” ujarnya pada Rabu (11/9). (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.