DT Berdaya Edukasi Sekolah Aman Bencana di MTS Al-Farisyi

DT Berdaya Edukasi Sekolah Aman Bencana di MTS Al-Farisyi

Program Kemanusiaan Yayasan Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya) bersama DT Peduli, hadir di sekolah-sekolah, dalam rangka mensosialisasikan ‘Sekolah Aman Bencana’. Seperti pada Rabu (2/10), Tim Relawan Kemanusiaan DT Berdaya memilih Madrasyah Tsanawiyah Al-Farisyi Cedikiawan, yang beralamat di jalan Cihanjuang No.240/237, Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Bertempat di dalam Masjid al-Farisyi, kegiatan yang didukung oleh DT Peduli ini, diikuti oleh seluruh sivitas sekolah, termasuk 72 Siswa. Khairudi,  Penanggungjawab kegiatan menyampaikan, sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi. Pertama, pemberian materi mengenai karakteristik bencana alam dan manajemen penanggulangan bencana. Kedua, simulasi ketika menghadapi terjadinya bencana gempa bumi.

“Masih dalam program kemanusian, jadi kami bertanggungjawab untuk memberikan sosialisasi ‘Sekolah Aman Bencana’, kepada sekolah-sekolah yang masuk dalam catatan kami. Maksudnya, kami mencatat sekolah-sekolah yang berada di sekitar patahan sesar Lembang, karena sesar Lembang sendiri terprediksi oleh BMKG Jawa Barat, berpotensi mengalami gempa bumi dan likuefaksi. Jadi, Madrasyah Tsanawiyah Al-Farisyi Cedikiawan ini termasuk sekolah yang masuk dalam catatan kami,” tutur Khairudi.

Menurutnya, Sosialisasi ‘Sekolah Aman Bencana’ ini akan terus digencarkan, terlebih pada sekolah-sekolah yang tersebar di sepanjang sesar lembang. Mulai dari Padalarang, sampai Cilengkrang. Katanya, daerah-daerah itu, diprediksi akan mengalami dampak paling besar dari sesar lembang tersebut.

Ia berharap bagi sekolah-sekolah yang sudah didatangi tim relawan kemanusaiaan DT Berdaya, agar pascakegiatan tersebut dijadikan bahan evaluasi bagi pihak sekolah, dengan membuat manajemen penanggulangan becana di sekolah. Lalu memasang jalur-jalur evakuasi, terlebih bagi sekolah yang bangunannya bertingkat. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.