Sempurnakan Bacaan, Santri Karya DT Berdaya Konsisten Belajar Tahsin

Sempurnakan Bacaan, Santri Karya DT Berdaya Konsisten Belajar Tahsin

Setiap pagi hari sebelum masuk kerja, seluruh Santri Karya Yayasan Daarut Tauhiid (DT) Berdaya diwajibkan untuk melakukan tilawah Quran terlebih dahulu. Namun ada hal berbeda yang dilakukan oleh Manajemen DT Berdaya kali ini, pasalnya  seluruh Santri Karya yang berhidmat di DT Berdaya belajar  tahsin bersama. Tahsin merupakan kata dari Bahasa Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya.

“Tahsin dalam Islam mengandung makna bahwa tuntutan dalam membaca al-Quran harus benar dan tepat, sesuai dengan contohnya. Demi terjaganya orisinalitas praktik tilawah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW,” kata Dede Mulyawan Direktur DT Berdaya pada Kamis (3/10).

Kegiatan belajar tahsin bagi Santri Karya DT Berdaya ini dibimbing oleh Ustaz dari Yayasan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, di Kantor DT Berdaya, Jalan Gegerkalong Hilir No. 164 B, RT. 01, RW. 08, Kel. Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung

Dede pun menyampaikan, tahsin atau tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf-huruf al-Quran dari tempat keluarnya, dengan memberikan hak dan mustahaknya. Atau dengan kata lain menyempurnakan semua hal yang berkaitan dengan kesempurnaan pengucapan huruf-huruf al-Quran, dari aspek sifat-sifatnya yang senantiasa melekat padanya . Kemudian menyempurnakan pengucapan hukum hubungan antara satu huruf dengan yang lainnya. Seperti idzhar, idgham, ikhfa dan sebagainya.

“Hikmah belajar Tahsin, bisa mempererat silaturahim antar Santri Karya. Ini juga bisa menjadi ladang amal bagi kita semua, dan semoga dengan tahsin ini bisa menjadi berkah di dunia dan juga bekal kita untuk di akhirat,” tambahnya (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.