Pengurus DT Berdaya Kunjungi Perternakan Terpadu

Pengurus DT Berdaya Kunjungi Perternakan Terpadu

Para Pengurus Yayasan Pemberdayaan Umat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), berkunjung ke lokasi peternakan terpadu, yang beralamat di Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Peternakan tepadu yang dikunjungi tersebut merupakan milik Iyep (42,) Warga Desa Sunten Jaya.

Peternakan terpadu yang dibangun diatas tanah seluas 12.000 meter persegi tersebut, terdapat hewan ternak mulai dari sapi perah, kambing etawa, domba, bebek, hingga kelinci. Sekertaris DT Berdaya, Oha Hoer mengatakan. tujuan kunjungan ini merupakan kegiatan studi peternakan, mulai dari pengelolaan hewan ternak, penataan kandang, dan pengadaan pakan.

“Desa Sunten Jaya ini dikenal sebagai salah satu Desa Wisata di Kawasan Bandung Utara. Di sini warganya tidak hanya memperdayakan peternakan, tetapi lahan hijaunya pun dikelola menjadi lahan pertanian yang produktif, dengan ditanami sayuran,” tuturnya pada Jumat (1/11).

Menurutnya, kunjungan ini dapat menjadi rujukan bagi salah satu Program DT Berdaya, khususnya Program Desa Ternak Mandiri (DTM), terutama dalam pengelolaan pakan domba, yang selalu menajdi kendala para mitra. Katanya, solusinya dapat menggunakan sistem rumput silase.

Ia berharap ada hasil yang dibawa dari kunjungan ini, “Semoga Daarut Tauhiid dapat cepat mewujudkan Desa Wisata yang ramah lingkungan, serta bernilai manfaat bagi umat dengan berfokus pada perberdayaan peternakan dan pertanian,” pungkasnya. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.