Sosialisasi Sekolah Aman Bencana Akan Digelar di MA As-Sofa

Sosialisasi Sekolah Aman Bencana Akan Digelar di MA As-Sofa

Tim Program Kemanusiaan yang digagas oleh Yayasan Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), melalui Divisi Pengurangan Risiko Bencana (PRB), melakukan kunjungan koordinasi ke Madrasah Tsanawiyah As-Sofa Cisarua, untuk izin mensosialisasikan Sekolah Aman Bencana kepada warga sekolah, terutama kepada siswanya.

Dalam waktu dekat ini rencanya di Madrasah Tsanawiyah yang beralamat di Jalan Kolonel Masturi, Kertawaringin, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Tim Divisi Penanggulanagan Resiko Bencana (PRB) akan melakukan sosialisasi manajemen penanggulangan kebencanaan yang bertema ‘Sekolah Aman Bencana’ yang tujuannya memberikan pemahaman kepada siswa, mengenai karakteristik bencana alam khusunya bencana gempa bumi.

Rudiana, Supervisor Divisi PRB mengatakan, konsep dari sosialisasi tersebut akan dibagi menjadi dua sesi. Pertama, di dalam kelas, membahas karakteristik bencana, dan manajemen penanggulangannya. Materi tersebut akan disampaikan oleh trainer dari Dinsos Provinsi Jawa Barat. Kedua, diisi dengan simulasi ketika terjadi bencana alam gempa bumi, dan diskenariokan para siswa sedang melakukan kegiatan belajar di dalam kelas.

“Mengingat daerah utara wilayah Bandung diancam dengan pergerakan lempengan sesar lembang, yang sewaktu-waktu dapat terjadi gempa bumi, serta likuifaksi pada permukaan tanah. Sehingga ini menjadi upaya dari Program Kemanusiaan untuk mengedukasi para siswa agar selalu dalam keadaan waspada bencana,” jelasanya pada Selasa (5/11).

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi Sekolah Aman Bencana akan gencar disosialisasikan khususnya ke sekolah-sekolah yang jaraknya berdekatan dengan zona sesar lembang, yang terbentang dari Padalarang hingga Cilengkrang. Sejauh ini Program Kemanusiaan melalui Divisi PRB telah melakukan sosialisasi ke 30 Sekolah. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.