DTM  Survei Calon Kandang Program Pembibitan Domba

DTM Survei Calon Kandang Program Pembibitan Domba

Program Desa Ternak Mandiri (DTM) di bawah pengelolaan Yayasan Pemberdayaan Umat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), membuat peternakan yang terintegrasi. Tujuannya agar dapat memberdayakan masyarakat. Sebelum menjalin kerja sama dengan mitra program pembibitan domba, Pengurus Program DTM melakukan survey terlebh dahulu ke Darandan, Kabupaten Purwakarta.

Butuh perjuangan ekstra untuk tiba ke lokasi tersebut. Mulai dari naik turun perbukitan, hingga berjalan melewati perkebunan kayu jati. Manager Program DTM, Bambang Aji mengatakan, survey tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan mitra, khususnya dalam hal kesiapan kandang yang rencananya dijadikan tempat pembibitan.

Alhamdulillah, setelah tiba di lokasi, kami disuguhkan kandang pembibitan yang sangat luas. Di sana, ada satu dari empat kandang yang tersedia, dapat menampung domba sebanyak 1000 ekor, serta terdapat satu kandang ayam, yang nanti akan disulap juga jadi kandang domba,” jelasnya pada Rabu (27/11).

Ia menyampaikan, lokasi kandang berada di tengah perkebunan. Jadi untuk pakan domba tidak akan kesulitan, apabila dapat mengolahnya dengan baik. Namun dari segi keamanan kurang baik, dapat menimbulkan gangguan yang berasal dari manusia atau hewan buas. Harus lebih berhati-hati, dan dikontrol secara rutin.

“Setelah melihat-lihat kondisi perkandangan dan sumber pakan, akhirnya kami menyepakati untuk menjalankan program pembibitan domba di wilayah tersebut,” pungkasnya. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.