BRTT Jadi Budaya Santri RPY DT

BRTT Jadi Budaya Santri RPY DT

Kata kebersihan sebagian dari iman,  bagi Santri Rumah Peduli Yatim (RPY) tidak hanya slogan. Budaya BRTT (Bersih, Rapi, Bersih, Tertib, Teratur) yang diajarkan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), berusaha untuk istiqamah dilakukan.

RPY yang dikelola oleh Yayasan Pemberdayaan Ummar Daarut Tauhiid (DT Berdaya), dan didukung oleh DT Peduli, selalu mengajarkan santri untuk BRTT di asrama yang terletak di Jalan Sariwangi Asri VI, No. 11, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Kamaludin Zaman, Ayah Asuh para Santri sekaligus Supervisor Rumah Peduli Yatim (RPY) mengatakan, kegiatan BRTT selalu diterapkan kepada setiap santri, tampa ada pengecualian. BRTT tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan, tapi juga menjaga kebersihan diri para Santri.

“Setiap hari para santri harus melakukan BRTT dari mulai bangun tidur, sampai mau tidur,. Adapun BRTT yang sifatnya kerja bakti, para santri selalu rutin mengerjakan setiap Hari Ahad, atau pada saat libur sekolah. Namun BRTT dalam kontek kerja bakti rutin dilakukan setalah pulang sekolah atau Jumsih,  jika dilakukan di Hari Jumat,” ujarnya pada Kamis (27/11).

Menurut Kamaludin, BRTT yang diterapkan dalam aturan kepada setiap santrinya, menjadi budaya tersendiri di Asrama Rumah Peduli Yatim (RPY). Seperti saat mereka pulang sekolah, mereka kompak mencabuti rumput liar yang tumbuh di sekitar asrama.

Alhamdulillah, halamannya sudah dibersihkan, sehingga jika ada tamu yang berkunjung di sore hari, asrama terasa segar,” ungkap Falah, Santri RPY usai melakukan BRTT. (Galih Sukmara)

Leave a Reply

Your email address will not be published.