Mitra Wilayah Cisurupan, Ungkap Manfaat Program DTM

Mitra Wilayah Cisurupan, Ungkap Manfaat Program DTM

Program Desa Ternak Mandiri (DTM), yang dikelolah oleh Lembaga Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) DT Peduli, semakin berkembang. Hal tersebut dapat dilihat pada salah seorang Mitra DTM yang berada di Wilayah Garut, tepatnya di Kampung Dungus Maung RT.05 RW.04, Desa Sinar Galih Kecamatan. Cisurupan, Kabupaten Garut. Program pemberdayaan umat di bidang peternakan domba bakalan (penggemukan) tersebut, sudah memasuki tahun ketiga.

Ade Didin dan Agus Sopiyan, pengelola peternakan domba wilayah Cisurupan, awalnya hanya peternak biasa. Adanya Program DTM membuat mereka semakin berkembang dibidang peternakan. Ade mengungkapkan selalu meraup keuntungan yang lebih ketika bergabung dengan DTM, serta banyak keberkahan yang didapatkan.

“Alhamdulillah, setelah penandatanganan MOU perpanjangan program pada September lalu. Saat ini saya diamanahi domba bakalan oleh Pengurus DTM, dan penggemukan domba dengan orientasi pasar harian, pasar akikah, dan puncaknya yaitu pasar Idul Adha 1441 H,” ungkap Ade pada Senin (13/1).

Menurut Agus, selain menjadi supplier domba bagi DT Aqiqah, keberkahan yang paling terasa adalah ketika Hari Idul Adha tiba. “Sangat menguntungkan karena peternak mendapat orderan yang melimpah. Beberapa peternak selalu mendapat titipan domba untuk para mustahik di wilayahnya,” tambahnya.

Adapun kendala yang dihadapi Ade dan Agus, yaitu kurangnya peternak yang jujur. “Sehingga ketika melakukan perekrutan untuk peternak binaan, harus lebih selektif lagi. Karena kita tidak ingin setelah mendapatkan kepercayaan yang diamanahi oleh Pengurus DTM, para peternak tidak bisa mengelolanya,” jelas Agus. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.