Manajer DT Aqiqah Ungkap Keutamaan Berakikah

Manajer DT Aqiqah Ungkap Keutamaan Berakikah

Lahirnya sang buah hati tentunya menjadi sebuah anugerah dan kebahagian bagi orangtua. Rasa syukur pun tidak lupa dipanjatkan kepada Allah atas hadirnya sang buah hati dengan keadaan sehat. Dalam Islam, salah satu cara mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran sang buah hati adalah akikah. Syariat ibadah akikah dilakukan dengan cara menyembelih binatang ternak, lalu dibagikan kepada kerabat dan tetangga.

“Akikah dalam bahasa Arab yaitu alqa’u yang berarti memotong. Jadi, pada intinya akikah merupakan  proses pemotongan hewan sembelihan pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt,” jelas Aap Safari Manajer DT Aqiqah, pada Selasa (14/1).

Aap menuturkan, banyak keutamaan dalam proses pelaksanaan akikah, di antaranya pertama, mewujudkan rasa syukur kepada Allah Swt atas karunia lahirnya seorang anak sebagai penerus dalam keluarganya dengan meneladani dan mengikuti sunnah Rasulullah saw.

Kedua, sebagai momen untuk berbagi kepada sesama dan mempererat tali persaudaraan. Dan ketiga, sebagai bentuk rasa suka cita dan turut berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

“Makna akikah ada dalam hadis yang berbunyi, “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya…”, dapat dijelaskan dengan melaksanakan akikah berarti kamu melepas segala gangguan setan yang terus mengikutinya sedari lahir, “…Bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh akikahhnya,” ungkap Aap sembari mengutip hadis riwayat muslim.

Adapun hewan yang digunakan untuk akikah adalah hewan ternak, seperti kambing dan domba. Akikah dapat dilakukan di hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah kelahiran sang buah hati. Untuk anak laki-laki diharuskan memotong dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan satu ekor kambing. (Sukmara Galih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.